Google Merilis Fitur Activity Dashboard Terbaru pada G Suite

Google Merilis Fitur Activity Dashboard Terbaru pada G Suite

171
0
SHARE

Fitur G Suite dari Google adalah fitur yang paling sering digunakan di dunia perkantoran. Staf perusahaan hanya perlu memasukkan file dokumen ke dalam cloud storage yang dimiliki fitur ini, dan siapapun yang diijinkan dapat melakukan review terhadap dokumen tersebut. Yang menjadi masalah adalah fitur document viewer tersebut tidak disertai dengan keterangan kapan file tersebut ter-update, atau siapa saja orang yang sudah melihat dokumen Anda.

Seringkali hal tersebut mengakibatkan kesalahpahaman antara pihak satu dan yang lain. Misalnya, bisa saja manajer Anda memerintahkan untuk mengedit suatu file padahal Anda sudah mengedit file tersebut. Nah masalah serupa diharapkan terminimalisir dengan fitur terbaru dari G Suite yaitu Activity Dashboard.

Fitur terbaru dari G Suite ini memungkinkan Anda melihat orang-orang yang telah membaca dokumen yang Anda simpan, lengkap dengan timestampnya. Fitur ini tersedia di semua platform G Suite mulai dari Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Tentunya update ini akan sangat membantu komunikasi antar pihak dalam departemen Anda.

Misalnya, Anda bisa mengetahui apakah sang manajer telah membuka file Anda dan Anda cukup memberitahukan bahwa file tersebut telah di-update. Begitu juga dengan seorang account manager yang dapat lebih cepat melakukan follow-up setelah ia mengetahui sang klien telah membuka dan membaca file tersebut.

Memanfaatkan fitur Activity Dashboard untuk pertama kali bisa jadi cukup membingungkan untuk beberapa orang. Sebagai seorang admin, Anda bisa menentukan visibility dari dokumen tersebut pada Activity Dashboard. Jika Anda memilih setting “viewing data visible for your organization”, beberapa users masih bisa memilih untuk menyembunyikan aktivitas mereka dari dashboard tersebut. Sedangkan jika Anda memilih setting “viewing data not visible”, maka pihak-pihak tersebut tak akan dapat memilih sendiri viewing data mereka.

Fitur Admin Console yang dibutuhkan untuk mengoperasikan Activity Dashboard telah diluncurkan terlebih dulu. Sedangkan Activity Dashboard dirilis bergantung pada beberapa faktor, yaitu:

  • jika domain Anda berada di dalam jalur Rapid Release, maka fitur ini baru bisa diakses mulai tanggal 21 Maret mendatang
  • Sedangkan jika Anda menggunakan domain Scheduled Release, maka Anda baru bisa menikmati fitur ini mulai awal April sebelum tanggal 9 April 2018. Tidak semua pemilik domain dapat menikmati fitur ini secara serempak, bisa jadi Anda perlu menunggu 2 minggu setelah waktu rilis. Ini berlaku baik bagi pengguna Rapid Release maupun Scheduled Release.

LEAVE A REPLY