Hal Berikut Ini Wajib Diperhatikan Saat Isi Ulang Daya Baterai

Hal Berikut Ini Wajib Diperhatikan Saat Isi Ulang Daya Baterai

501
0
SHARE

Mengisi ulang daya baterai adalah aktivitas harian yang dilakukan oleh hampir semua pengguna smartphone. Tiap baterai smartphone memiliki kekuatan daya dan usia masing-masing. Tapi tanpa Anda sadari, kebiasaan Anda mengisi ulang daya baterai smartphone ternyata cukup memberikan pengaruh terhadap keawetan baterai smartphone Anda. Simak yuk tips mengisi ulang energi baterai smartphone yang benar berikut ini.

  • Jangan Mengisi Ulang Baterai Semalaman

Ini cukup sering Anda lakukan, kan? Terutama saat weekdays yang mewajibkan Anda untuk bangun dan segera bersiap untuk beraktivitas, Anda ingin agar baterai smartphone Anda sudah kembali terisi ulang. Namun dengan mengisi ulang baterai semalaman, baterai smartphone akan mengalami overcharge yang dapat memperpendek umur baterai dalam jangka waktu panjang. Solusi yang lebih baik, usahakan mengisi ulang baterai sebelum Anda tidur, dan sambungkan kembali saat Anda bangun tidur dan bersiap-siap untuk pergi bekerja.

  • Lepas Protective Case Smartphone Anda

Tips ini sangat sederhana tapi cukup banyak yang tidak mengetahuinya. Selama Anda mengisi ulang daya baterai smartphone, selalu lepaskan soft case smartphone Anda terlebih dulu. Ketika baterai terisi daya, maka secara otomatis temperatur baterai akan menghangat dan panas berlebih tersebut akan dilepaskan melalui bagian belakang smartphone (itulah kenapa smartphone Anda terasa panas saat charging).

 

Ketika bagian punggung smartphone tersebut tertutupi soft case, panas dari baterai akan terjebak di dalam dan mengakibatkan baterai mengalami overheat. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat merusak baterai.

  • Jangan Terlalu Mengandalkan Fast-Charger

Saat ini banyak smartphone modern yang menggunakan fitur fast charging untuk mengakomodasi kehidupan Anda yang sibuk. Fast-charging charger memang bisa mengisi ulang daya baterai lebih cepat dibandingkan dengan charger biasa, tapi itupun bukan tanpa resiko.

 

Dengan menggunakan fitur satu itu berarti Anda memasukkan jumlah voltase yang sangat tinggi sehingga berpotensi mengakibatkan peningkatan suhu baterai dengan sangat cepat. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, baterai smartphone yang terlalu panas dapat mengakibatkan baterai menjadi tidak tahan lama. Untuk mencegah kemungkinan terburuk tersebut, Anda bisa mengkombinasikan fitur tersebut dengan menggunakan charger biasa.

  • Jangan Terlalu Sering Mengisi Ulang Baterai

Tahukah Anda bahwa batas yang disarankan sebelum Anda mengisi ulang daya baterai Anda adalah sekitar 20%? Walaupun menunggu baterai drop sebelum recharging tidak disarankan, tapi terlalu cepat mengisi ulang baterai pun sama-sama berdampak negatif terhadap kesehatan baterai.

Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY