Ini Langkah Antisipasi Facebook Hentikan Kebocoran Data

Ini Langkah Antisipasi Facebook Hentikan Kebocoran Data

107
0
SHARE

Huru-hara seputar skandal kebocoran data Facebook yang dilakukan oleh Google Analytica terus mendapatkan perhatian para netizens di seluruh dunia. Data dari sebanyak 50 juta pengguna Facebook ditengarai bocor dan disalahgunakan untuk kepentingan pemilu di Amerika Serikat tahun lalu. CEO Facebook Mark Zuckerberg mengakui bahwa perusahaan media sosial tersebut mengalami kebocoran data, dan hal tersebut merupakan hal yang tidak disengaja.

Untuk mengatasi agar data leaks yang terjadi tidak bertambah parah, berikut adalah langkah-langkah yang akan diterapkan oleh perusahaan raksasa tersebut.

  • Mengadakan Audit terhadap aplikasi third-party yang terhubung dengan Facebook

Salah satu usaha Facebook untuk mencegah kebocoran data adalah dengan melakukan audit dan pemantauan terhadap berbagai macam aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan aplikasi tersebut. Dari hasil pelacakan tersebut, Facebook akan memblokir aplikasi yang terbukti memiliki pola aktivitas yang mencurigakan dan melakukan pencurian data.

  • Menyebarkan Notifikasi kepada Pengguna

Jika akun Anda termasuk ke dalam akun yang menjadi korban pencurian dan penyalahgunaan data, maka Anda akan memperoleh notifikasi dari Facebook mengenai aplikasi apa saja yang mencuri data Anda. Sehingga mempermudah pendeteksian Anda untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut untuk mencegah kebocoran data lebih banyak lagi.

  • Menon-aktifkan Aplikasi yang Tak Digunakan

Facebook juga akan memantau jenis aplikasi apa saja yang tidak pernah Anda akses selama 3 bulan terakhir, dan menon-aktifkan akses aplikasi tersebut terhadap data yang tersimpan di dalam akun Facebook Anda.

  • Pembatasan Data dari Facebook Login

Untuk fitur login ke aplikasi ini, Facebook melakukan sedikit perubahan. Perubahan tersebut adalah diadakannya pembatasan pilihan data yang dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga selain Facebook. Aplikasi tersebut hanya akan memiliki akses terhadap username, foto profil, dan email dari pemilik akun Facebook. Di luar itu, maka aplikasi tersebut harus mendapatkan ijin resmi dari Facebook.

  • Memperkenalkan Program Bug Bounty

Bug Bounty adalah suatu program yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Facebook, tujuannya tak lain adalah untuk mengajak para pengguna Facebook agar turut proaktif dalam mencegah kebocoran data pribadi mereka. Melalui program ini, Facebook akan memberikan penghargaan bagi siapapun yang menemukan adanya penyalahgunaan data yang dilakukan oleh pengembang aplikasi. Tentu saja, Facebook pun akan melindungi hak privasi dari pelapor tersebut.

Sebagai pengguna aplikasi Facebook, ada satu hal yang bisa digunakan untuk melindungi data akun Facebook Anda. Salah satunya adalah dengan mengurangi sebisa mungkin penggunaan aplikasi third party, seperti aplikasi quiz yang diselenggarakan oleh situs di luar situs Facebook. Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY