Ini Ternyata yang Membuat Performa Laptop Anda Lambat

Ini Ternyata yang Membuat Performa Laptop Anda Lambat

119
0
SHARE

Saat ini laptop adalah salah satu piranti keras yang menjelma menjadi bagian dari kebutuhan utama manusia.Mulai dari murid sekolah hingga pegawai kantor semua perlu laptop untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah, tugas kantor, mempersiapkan presentasi, dan lain sebagainya. Nah, salah satu hal yang paling sering dikeluhkan oleh para pengguna laptop adalah performa laptop yang menurun, salah satunya adalah seringnya laptop tersebut menjadi lambat.

Sama seperti manusia, dengan bertambahnya usia maka laptop pun akan mengalami penurunan performa. Namun jika laptop tersebut masih tergolong baru, besar kemungkinan inilah penyebab laptop Anda menjadi lemot.

  • Laptop Mengalami Overheat

Banyak yang percaya bahwa penyebab utama dari laptop yang lambat adalah akibat faktor perangkat lunak yang ada di dalam laptop. Padahal, faktor hardware pun bisa menjadi penyebabnya. Permasalahan biasanya terletak pada area lubang ventilasi yang terletak di sisi samping laptop.

Lubang ventilasi tersebut tak jarang menghisap debu yang ada di atas meja sehingga mengakibatkan udara panas dari laptop tidak dapat keluar. Laptop pun mengalami overheat sehingga mengakibatkan laptop mengalami overheat dan berujung pada performa laptop yang lemot. Cegah dengan membersihkan ventilasi secara rutin dan selalu menggunakan laptop dengan menggunakan alas yang rata.

  • Terlalu Banyak Program Dijalankan Sekaligus

Teknologi pada laptop memang memudahkan Anda untuk melakukan multitasking, namun tetap saja perangkat tersebut pun memiliki batas. Sama seperti smartphone, kapasitas RAM pada laptop pun bisa terbebani dengan terlalu banyak program yang beroperasi sekaligus. Jika kerja yang ditanggung sistem laptop terlalu berat, maka bukan tidak mungkin laptop Anda akan mengalami freeze sehingga memaksa Anda harus menyalakan ulang laptop Anda.

Untuk mencegahnya, Anda bisa membatasi jumlah window yang terbuka menjadi 2 atau 3 buah saja.

  • Anda Memiliki Terlalu Banyak Startup Programs

Ketika Anda meng-install beberapa program aplikasi komputer, biasanya program tersebut akan meminta ijin agar dapat membawa serta program-program minor yang akan langsung berjalan begitu Anda menyalakan laptop. Kebanyakan orang tidak membaca permintaan ijin tersebut dan langsung memberikan persetujuan, sehingga jangan heran jika laptop Anda menjadi lemot. Ingat, hanya aplikasi antivirus dan firewall saja yang diperbolehkan berjalan secara otomatis. Dan lain kali ada baiknya Anda membaca lebih teliti sebelum meng-install program komputer.

Semoga tips di atas membantu memecahkan masalah Anda.

LEAVE A REPLY