Kenali Lebih Dekat Jenis Format Video Paling Populer

Kenali Lebih Dekat Jenis Format Video Paling Populer

158
0
SHARE

Bagi movie collectors, tidak ada hal yang paling menyenangkan selain menemukan situs-situs download film tempat Anda bisa mengunduh film-film favorit Anda secara gratis. Kebanyakan orang akan mengabaikan ini, namun pernahkah Anda iseng-iseng mengamati bahwa tak jarang format dari video yang Anda unduh berbeda antara satu dengan yang lain. Kira-kira apa artinya ya?

  • AVI

Audio Video Interleave atau format video .avi adalah format ekstensi video yang paling populer dan sering digunakan dalam unggahan video dari berbagai macam media perekam, seperti handycam dan kamera digital. Anda juga dapat menggabungkan format video tersebut dengan codec seperti DivX dan XVID, namun untuk itu Anda perlu juga menginstall aplikasi software atau file yang dapat digunakan untuk membaca codex tersebut.

  • MP4

Buat Anda yang gemar mengunduh file video dari situs video sharing seperti YouTube, Anda pasti tahu bahwa kebanyakan format video yang terpajang di situs tersebut adalah video dengan format MP4? Format MP4 mulai digunakan oleh YouTube sebagai pengganti FLV, sejak mereka beralih dari flash dan mengaplikasikan HTML5.

  • MPEG

Format ini paling sering Anda temukan dalam video VCD hingga DVD Blu-Ray. Format video ini masih tetap banyak digunakan hingga saat ini, walaupun ketenarannya mulai tenggelam semenjak munculnya situs-situs video streaming seperti VEVO, YouTube, Crunchyrolls, dan lain sebagainya.

  • 3GP

Jauh sebelum smartphones dilengkapi dengan teknologi perekam video dengan format .avi, kebanyakan telepon seluler jadul menggunakan format 3GP untuk perekam video mereka. Dibandingkan dengan AVI, kualitas 3GP memang jauh lebih rendah. Bahkan bisa dibilang, dari semua format video yang tersedia, video 3GP-lah format video dengan kualitas paling rendah dengan resolusi gambar yang pecah-pecah.

Tak heran jika saat ini format video satu ini lebih populer di kalangan pembuat video amatiran dan hampir tidak pernah digunakan di industri video profesional.

  • WEBM

Walaupun di Indonesia belum terkenal, format video WEBM sudah mulai banyak digunakan di berbagai negara. Seiring dengan semakin berkembangnya pamor HTLM5, WEBM pun mulai menjadi standar media file di berbagai macam platform media. Format video ini memanfaatkan standar codec tertentu, seperti format video VP8/VP0 serta audio Vorbis atau OPUS.

  • MKV

Pemburu video via torrent pasti sudah tak asing lagi dengan format video satu ini. Matroska Video, atau MKV ini sangat populer karena fleksibilitasnya dalam menyimpan banyak format video, audio, gambar, hingga subtitle di dalam format video yang sama sekaligus. MKV juga bersifat open source sehingga memungkinkan Anda untuk memodifikasi format serta konten dalam video tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga informasi di atas menambah pengetahuan Anda.

LEAVE A REPLY