Maksimalkan Pencarian Google Anda dengan Trik Cerdas Berikut


Sejak puluhan tahun Google berdiri, raksasa teknologi dan informasi tersebut telah merajai dunia Internet lewat sistem terintegrasi mulai dari mesin pencari, laman video, surat elektronik, hingga pengembang ponsel pintar dan fungsi teknologi mutakhir lainnya. Mesin pencari Google menjadi salah satu hal sederhana yang keberadaannya hampir tak terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Coba Anda ingat kembali, berapa kali Anda menggunakan Google search engine dalam sepekan atau bahkan sehari ini?

Menariknya, tahukah Anda bahwa daripada sekedar mengetikkan kata kunci, terdapat berbagai trik ajaib yang bisa Anda terapkan untuk membuat pencarian Anda di Google menjadi lebih efektif. Salah satu hal mendasar dalam trik pencarian Google ialah dengan menggunakan tanda kutip. Penggunaan tanda kutip (“”) tersebut akan memudahkan Anda untuk melakukan pencarian secara spesifik mengenai susunan kata yang tertera di dalam tanda kutip. Pencarian khusus tersebut juga bisa Anda spesifikasikan lagi dengan menggunakan tanda hubung. Misalnya, ketika Anda ingin mencari kutipan perkataan dari seorang tokoh, cukup tuliskan “nama orang – quotes.” Anda juga bisa menambahkan laman situs pada kata kunci di kolom pencarian Anda, yaitu “site:(masukkan nama situs).”

Sahabat, sudahkah Anda familiar dengan metode pencarian reverse image search? Di Google, Anda tak hanya bisa mencari gambar yang Anda inginkan saja, namun juga informasi terkait gambar yang telah Anda temukan tersebut. Klik kanan pada gambar lalu pilih “Search Google for Image.” Metode tersebut akan memberikan Anda definisi mengenai gambar yang Anda temukan, sekaligus laman situs lainnya yang menampilkan gambar tersebut beserta gambar lain yang terkait.

Terkadang, Anda ingin mencari sesuatu hal yang Anda sendiri tidak ingat istilah pastinya. Agar mendapatkan hasil pencarian yang memuaskan dan tidak melenceng jauh, gunakan asterisk atau tanda bintang (*) dalam kata kunci pencarian Anda, tentunya sesudah diapit dengan tanda kutip. Metode pencarian semacam itu bisa Anda gunakan saat mencari nama tempat, judul buku, hingga lirik lagu.

Terdapat metode Boolean Search yang bisa diaplikasikan untuk mempersempit hasil pencarian Anda, yakni dengan menambahkan kata AND (dan) atau OR (atau). Sisipkan kata AND di antara 2 kata atau istilah untuk menghasilkan tampilan pencarian mengenai keduanya sekaligus. Kata OR, sebaliknya, bisa Anda sisipkan di antara 2 kata atau istilah apabila Anda ingin mencari salah satu saja dari kedua istilah tersebut.

Ketika Anda tengah membaca suatu artikel atau laman situs yang menarik, seringkali Anda ingin mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai laman Internet tersebut. Tambahkan kata related di depan kata kunci yang telah Anda tuliskan, lalu pisahkan dengan tanda titik dua (:). Tak lupa, apit keseluruhan kata kunci baru Anda dengan menggunakan tanda kutip, misalnya “related:(masukkan url laman situs yang ingin Anda ketahui lebih lanjut).”

Selain tips-tips tersebut, masih ada banyak trik jitu yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan pencarian Anda di Google search engine. Semoga Anda bisa menggunakan Internet dengan baik dan bijak ya!

author
No Response

Leave a reply "Maksimalkan Pencarian Google Anda dengan Trik Cerdas Berikut"