Mengembalikan Akun Whatsapp dalam Kondisi Kehilangan Ponsel


Kehilangan ponsel pintar akibat dicuri maupun tertinggal di suatu tempat memang suatu hal yang menyebalkan. Mimpi buruk tersebut meliputi kehilangan data penting, galeri foto, uang digital, hingga arsip pesan dan akun media sosial. Tak hanya kehilangan gawai, lenyapnya ponsel pintar membuat Anda seakan kehilangan bagian penting dari hidup Anda di masa modern saat ini.

Beberapa ponsel pintar seperti rilisan Apple telah dilengkapi fitur canggih untuk mengantisipasi kehilangan. Selain memutar otak memblokir akses-akses penting seperti rekening mBanking hingga eMoney, perlu diketahui juga bahwa aplikasi messenger seperti Whatsapp juga rawan kebobolan. Meski merupakan aplikasi pesan singkat pribadi yang tak bersinggungan dengan Rupiah, Whatsapp bisa jadi memegang status krusial dalam hubungan personal hingga profesional.

Ketika kesialan tersebut menimpa Anda, ada beberapa langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan akun Whatsapp Anda. Sebelum kejadian kehilangan menimpa Anda, segera kunci SIM card Anda. Begitu Anda memblokir SIM card saat kehilangan gawai, akun Whatsapp Anda secara otomatis tidak akan bisa diakses oleh orang lain yang tengah memegang ponsel Anda dan berniat jahat. Jangan lupa, Whatsapp terbilang unik karena hanya bisa diakses dalam satu gawai dan satu SIM card saja.

Apabila Anda belum sempat mengunci SIM card, Anda bisa meminta bantuan dengan mengirim surat elektronik ke tim pengembang Whatsapp. Jangan lupa sertakan kalimat sederhana berupa “Lost / stolen : Deactivate my account” di badan surel, bersama dengan identitas lengkap berupa nama akun, negara asal, dan nomor SIM card.

Karakteristik unik lainnya dari Whatsapp ialah apabila nomor yang Anda gunakan untuk mengaktivasi akun tidaklah sama dengan SIM card dalam gawai, akun Anda tetap bisa diakses lewat jaringan Wi-Fi tanpa menggunakan SIM card yang sudah Anda blokir begitu kehilangan ponsel. Untuk mencegah kebobolan akun Whatsapp, Anda tetap harus menghubungi tim pengembang Whatsapp dan meminta bantuan deaktivasi akun.

Berbeda dengan beberapa gawai berfitur canggih lainnya, Whatsapp tidak dilengkapi fitur untuk menemukan lokasi gawai yang hilang. Anda memiliki waktu 30 hari untuk melakukan reaktivasi akun Whatsapp Anda sebelum daftar kontak dan arsip pesan Anda dihapuskan. Apabila seseorang dalam daftar kontak Anda mengirim pesan, pesan tersebut akan berstatus tertunda hingga akun kembali diaktivasi. Alternatif lainnya, Anda juga bisa melakukan penyimpanan digital lewat cloud storage services seperti GoogleDrive, Dropbox, maupun iCloud.

author
No Response

Leave a reply "Mengembalikan Akun Whatsapp dalam Kondisi Kehilangan Ponsel"