Sudah Tahu Rahasia Fungsi Tombol Windows Berikut?

Sudah Tahu Rahasia Fungsi Tombol Windows Berikut?

137
0
SHARE

Bagi Anda para pengguna komputer dan laptop dengan basis Windows pasti menyadari adanya tombol ikon Windows, yang sayangnya seringkali Anda abaikan. Kebanyakan orang hanya mengetahui tombol ikon Windows tersebut sebagai shortcut untuk membuka panel Windows Start Menu, padahal jika Anda kombinasikan dengan kunci-kunci Windows lainnya, Anda bisa menemukan shortcuts yang dapat membantu mempercepat kerja Anda. Apa saja?

  • Kombinasi yang pertama adalah kombinasi tombol Win+A yang jika ditekan secara bersamaan akan membuka panel Action Center. Buat Anda yang belum tahu, Action Center merupakan panel yang memuat langkah-langkah rekomendasi yang bisa Anda lakukan saat komputer atau laptop Windows Anda terkena gangguan.
  • Sedangkan jika Anda mengkombinasikan tombol Win+B, maka hasil yang muncul adalah tampilan menu Notification Area. Notification Area adalah fitur interface dalam Windows yang memuat berbagai macam aplikasi dan fitur program yang tidak terpajang pada Desktop.
  • Untuk Windows 10 users, cobalah tekan tombol Win+C untuk mengalihkan Anda langsung ke fitur Cortana. Lain halnya jika Anda menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1, maka kombinasi tombol tersebut akan meluncurkan Charm Bar. Charm Bar sangatlah berguna untuk mengakses beragam Shortcut Menu dalam komputer Anda.
  • Jika Anda terbiasa multitasking, maka biasanya Anda akan membuka panel windows dalam jumlah yang sangat banyak. Untuk me-minimize semua panel Windows secara sekaligus, Anda dapat menekan kombinasi tombol Win+D.
  • Sedangkan untuk membuka panel Windows kembali, Anda cukup menekan kombinasi tombol Win+Shift+M. Nantinya jendela browser dan aplikasi yang ter-minimize tersebut akan langsung terbuka kembali
  • Sedangkan jika Anda menekan tombol Win+E, maka kombinasi tersebut akan menampilkan menu Quick Launch. Sayangnya, fitur kombinasi satu ini hanya bisa digunakan oleh Anda yang memiliki Windows 10.
  • Untuk membuka menu Feedback Hub, Anda dapat menekan kombinasi angka Win+F
  • Jika Anda juga menekan tombol Ctrl, yang berarti Win+Ctrl+F, maka Anda akan membuka opsi fitur Find Computer.
  • Hampir semua versi Windows pasti dilengkapi fitur Sleep yang bisa Anda gunakan saat Anda tidak menggunakan laptop atau komputer Anda dalam jangka waktu lama (tapi terlalu malas untuk melakukan Shut Down). Untuk mengaktifkan perintah Sleep, Anda hanya perlu menekan kombinasi tombol Win+L.
  • Apakah Anda memiliki tablet dengan basis OS Windows? Jika ya, tahukah Anda bahwa Anda bisa memanfaatkan fitur Gyroscope yang tersimpan di dalamnya, hanya dengan kombinasi tombol yang sederhana? Untuk mengaktifkan fitur Gyroscope pada tablet, Anda hanya perlu menekan tombol Win+O secara bersamaan. Voila!

Semoga informasi di atas bermanfaat.

LEAVE A REPLY