Tech Life Hacks untuk Akses Teknologi secara Efektif

Tech Life Hacks untuk Akses Teknologi secara Efektif

76
0
SHARE

Life hack merupakan strategi dan jalan pintas yang kini tengah populer dicetuskan dalam berbagai aspek kehidupan. Tak hanya mempermudah hidup, life hacks juga bisa Anda praktikkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan hingga menunjang produktivitas. Selain dalam hal memasak maupun aktivitas rumahan, berurusan dengan teknologi rupanya tak jauh dari life hacks.

Mulai dari penggunaan ponsel hingga komputer pribadi, sebagian besar trik penggunaan teknologi biasanya tidaklah diajarkan di bangku pendidikan formal. Anda akan mempelajari trik penggunaan teknologi secara praktis lewat kebiasaan dan pengalaman pribadi. Demikian juga dengan strategi efektif lainnya yang dituturkan dari mulut ke mulut. Untuk membantu Anda, sahabat, berikut ini rangkuman beberapa trik jitu penggunaan teknologi secara ringkas dan praktis.

Saat menyusun dokumen akademik, Anda tak hanya membutuhkan otak cemerlang dan konsentrasi tinggi, namun juga penguasaan teknologi aplikasi pengolah kata dan data secara baik. Agar tak menyisakan kesalahan penulisan dan tata bahasa, terutama ketika menyusun laporan penelitian ilmiah maupun esai berbahasa asing, unggah dokumen Anda ke situs PolishMyWriting.com untuk membersihkan tulisan dari dosa-dosa gelap kesalahan pengetikan atau typo, hingga bad grammar. Situs tersebut konon juga dapat menyarankan gaya penulisan yang terbaik bagi Anda lho!

Teknik yang sama juga bisa Anda lakukan dengan menyalin dokumen ke Google Translate lalu ubah ke bentuk lisan. Mendengarkan dokumen Anda dibacakan akan membantu Anda dalam menangkap kesalahan. Google Translate juga memiliki sistem auto-correct yang terpercaya. Salah satu bentuk kesalahan penulisan biasanya muncul karena Anda menyalin bagian tertentu dokumen dari situs Internet dan membuat berantakan dokumen pengolah kata Anda. Untuk menyalin data dari Internet tanpa mengunduh format sekaligus, klik tombol shortcut Command atau Control + Shift + V.

Saat menyimpan dokumen, Anda tentu sudah familiar dengan ekstensi .doc / .docx, .ppt / .pptx, hingga .pdf. Rupanya, ada cara unik untuk mengubah pemberian nama ekstensi tersebut sekaligus fungsinya. Dokumen Powerpoint Anda yang biasa disimpan dalam bentuk ekstensi .ppt bisa Anda ubah menjadi tampilan slideshow ketika pertama kali dibuka, caranya dengan menamai ekstensi menjadi .pps. Untuk dokumen Excel, simpan dengan ekstensi .xlsb agar bisa mengecilkan ukuran dokumen hingga berkurang 75% dari ukuran normal.

Soal ponsel, Anda tentu seringkali menyesalkan ukuran daya yang lekas berkurang saat banyak digunakan. Untuk mempercepat durasi pengisian daya, Anda bisa berhenti memainkan ponsel dan mengaturnya pada modus pesawat (Airplane Mode). Ketika tengah bermalam di penginapan dan tidak mendapati steker listrik untuk mengisi daya ponsel, gunakan slot USB plugin yang biasa terletak di bagian belakang televisi layar datar yang terpasang di dinding kamar. Untuk mengelola dokumen yang tersimpan di berbagai cloud storage service berbeda seperti Google Drive atau Dropbox, gunakan situs Otixo.com agar dapat mengatur semua dokumen di tempat berbeda secara aman dan mudah.

Terakhir, siapa sih yang butuh mendengar musik saat bekerja? Agar performa Anda lebih efektif, dengarkan video game soundtracks yang terbukti minim distraksi dan meningkatkan konsentrasi. Ketika Anda harus berbagi headset dengan orang lain, ubah pengaturan ponsel Anda ke Mono audio agar suara yang keluar di kedua earplug terdengar sama.

LEAVE A REPLY